Friday, February 16, 2018

Suka Arsitektur? Beberapa Bangunan Ini Harus Masuk List Kunjungan Ketika Kamu Di Singapura

NTU School of Art Inner court
Hari ke-3 di Singapura pada tahun 2016 lalu, saya dan teman-teman berencana mengunjungi beberapa bangunan-bangunan yang menurut kami unik dan memiliki nilai arsitektur yang tinggi (tsadappp.....). Latar pendidikan yang sama, arsitektur, mendorong kami untuk mengunjungi beberapa bangunan-bangunan unik lainnya yang masih ada di Singapura. Hari itu kami mengunjungi National Museum of Singapore, SOETA, dan NTU. Letak National Gallery dengan SOETA berdekatan satu dengan yang lain. Kalau NTU harus menggunakan MRT dan Bus dengan memakan waktu sekitar 45 menit dari pusat kota.

Eksterior National Gallery Singapore

Interior National Gallery Singapore

Eksterior bangunan NAtional Gallery Singapore

Pagi itu kami bergerak ke National Gallery pada pukul 10 pagi, sebelumnya saya dan teman saya terlebih dahulu pergi ke Handerson Wave kembali karena salah satu teman saya belum sempat mengunjungi jembatan ini bersama kami pada hari sebelumnya. Alhasil kami berangkat pagi-pagi sekali sekitar jam 8 pagi dan baru bergabung dengan rombongan yang lainnya sekitar jam 10 pagi. Berbeda dengan National City Gallery, National Museum of Singapore lebih banyak memajang benda-benda bersejarah yang terkait dengan sejarah negara Singapura tempo dulu. Bangunannya sendiri dirancang dengan campuran gaya Neo-palladian dan Renaissance dengan kubah yang sangat khas pada bagian depan bangunan. Bentuknya yang unik dan gaya arsitektur yang khas menjadikan bangunan ini sangat photogenic jika diabadikan dengan kamera. Bangunan ini telah mengalami beberapakali perbaikan namun tetap mempertahankan bentuk aslinya.

Eksterior SOTA

Tangga Masuk Utama SOTA

Lobi utama bangunan SOTA

Berjalan 2 blok ke arah utara kalian akan menemukan SOTA (School of The Arts Singapore). Mencerminkan nama dan fungsinya, penggunaan material kayu pada fasade bangunannya menjadikan bangunan ini memiliki nilai seni yang cukup tinggi. Bangunan ini dirancang oleh salah satu konsultan arsitektur ternama di asia, dan salah satu ciri khas bangunan-bangunan yang dirancang oleh konsultan ini selain dari segi desain bangunan yang berbeda dengan yang lain adalah unsur-unsur alami yang disematkan pada tiap rancangannya seperti penggunaan vegetasi sebagai bagian dari pembentuk wajah bangunan. Maka tak heran di setiap bangunan-bangunan yang dirancang oleh konsultan arsitektur ini akan ditemui tanaman-tanaman rambat ataupun roof garden yang menjadi elemen tambahan yang memperindah bangunan.

Eksterior NTU School of Art

Waktu menunjukkan pukul 2 siang, kami bergegas dan bersiap-siap untuk menuju NTU (Nanyang Technological University). Kawasan kampus ini terletak agak jauh dari pusat kota Singapura, sehingga kami harus menggunakan MRT dan Bus untuk mencapainya. pertama kami menggunakan MRT dan turun di Jurong East Station barulah dari sana terdapat bus yang langsung menuju ke kawasan kampus NTU. Sangking luasnya kawasan kampus, bus umum yang berseliweran di jalan-jalan raya di Singapura, membuka rute khusus untuk melayani penghuni kampus NTU.

Eksterior NTU The Hive

Interior NTU The Hive

Dua bangunan yang menarik perhatian kami di kawasan kampus ini adalah gedung School of Art, Design and Media dan yang terbaru adalah The Hive. Gedung School of Art merupakan salah satu gedung yang bagi mahasiswa arsitektur selalu menjadi preseden kaji banding apabila ingin merancang bangunan dengan tema green ataupun hi-tech. Bentuk bangunannya yang futuristik dan dinamis dipadukan dengan penggunaan roof garden yang katanya dapat mengurangi suhu ruangan didalam bangunan tersebut. Bangunan kedua dan yang paling baru di kawasan NTU adalah The Hive, bangunan yang difungsikan sebagai learning hub nya kawasan kampus ini di daulat sebagai salah satu bangunan yang masuk ke dalam konsep ecocampusnya NTU, hal ini dapat dilihat dari penggunaan material yang meminimalisir biaya perawatan serta konsep bangunan yang mengutamakan konsep pengkondisian udara alami. Kalau dari kacamata awam bangunan ini lebih mirip tumpukan kotak dinsum yang disusun secara melingkar.

Waktu menunjukkan jam 5 sore dan hari semakin gelap, kami memutuskan untuk kembali ke hostel karena tidak ada lagi yang bisa di nikmati saat gelap di kawasan kampus ini. Empat bangunan yang saya jelaskan di atas merupakan beberapa dari skian banyak bangunan-bangunan menarik lainnya di Singapura. Jika kamu berlatar belakang pendidikan arsitektur dan tertarik mengunjungi beberapa di antaranya, ke empat bangunan yang saya sebutkan tadi bisa kamu masukkan ke list perjalanan selama di Singapura.

Interior Lassale
Dihari yang berbeda, karena hari terakhir di Singapura, kami menyempatkan berkunjung ke beberapa bangunan unik lainnya sebelum bertolak ke Kuala Lumpur. Seperti Lassale College of The Arts dan Colourful Houses Katong. Lassale College of The Arts merupakan sebuah kampus berarsitektur moderen yang bertempat di Rochor Rd. Kalian bisa mencapai bangunan unik ini dengan menggunakan MRT (berhenti di Rochor Station) atau pun bus umum. Begitu keluar dari stasiun MRT kalian akan melihat bangunan berwarna hitam kontras dimana bagian dalamnya seperti terbelah dan terbuat dari material kaca. Bangunan ini dibangun pada tahun 2007 dengan konsep pahatan ngarai sebagai interpretasi proses pembentukan alam sebagai bentuk seni alamiah.

Kawasan berikutnya yang kami kunjungi adalah Colourful Houses Katong yang berada di kawasan Joo Chiat Rd. Kawasan ini dipenuhi oleh bangunan-bangunan lama yang masih terjaga keasliannya. salah satu spot yang unik yang kami kunjungi saat itu adalah deretan ruko-ruko lama yang di cat warna-warni sehingga menjadi icon kawasan tersebut. Kalian bisa mengunjungi kawasan ini dengan menaiki MRT (turun di Eunos Station) kemudian bisa melanjutkan dengan berjalan kaki atau menaiki bus.

Deretan rumah warna-warni di kawasan Joo Chiat Rd
Nah, buat kamu yang ingin mengunjungi bangunan-bangunan unik yang istagramable di Singapura, tunggu apa lagi. Masukkan bangunan dan kawasan-kawasan yang telah saya sebutkan ke dalam list kunjungan kamu sewaktu di Singapura. Selamat berArsitekturriaaa.....

(All picture taken by Ahmad Mansuri Alkindi)